Minggu, 02 Desember 2012

Drawing Art


DRAWING ART

Dalam sebuah penciptaan seni lukis, yang paling utama/ pertama dilakukan adalah dengan membuat sketsa. Dari sketsa tersebut baru kita olah dengan cat minyak atau cat akrylik. Terbentuklah suatu karya lukis cat minyak/ karya lukis cat akrilik.
Namun juga bisa tidak menggunakan cat tersebut untuk mewujudkan sebuah lukisan, hanya dengan media pensil. Dari bentuk sketsa kita detailkan bagian perbagian. Lukisan monokrom/ hitam putih (jika hanya menggunakan pensil hitam). Jika anda menggunakan pensil warna juga bisa untuk mewujudkan bentuk sesuai ide kreatif anda.

Tahap-tahap yang harus dipersiapkan dalam membuat karya dari media pensil :
1.      Persiapkan medianya :  a. Kanvas/ kertas
                                                  b. Pensil 2B, 4B, 8B dsb
                                                  c. Pengapus
                                                  d. Rautan
  e. Fiksatin/ fernis
2.  Objek yang akan digambar

Proses dalam penciptaan karya :
1.      Buat dulu sketsa garis besar objeknya (dengan pensil 2B)
2.      Tentukan gelap terang (dengan pensil 2B)
3.      Pendetailan bentuk gambar (dengan pensil 2B)
4.      Setelah sudah pasti/ sudah terlihat bentuknya, baru kita menambahi dengan menggunakan pensil 8B untuk mempertegas gelap terangnya. Membuat wujud serealis mungkin seperti pada objeknya.
5.      Setah semua selesai, agar karya tersebut lebih awet dan warna lebih terlihat sempurna. Kita semprotkan fiksati/ fernis/ clear dalam karya tersebut.
6.      Setelah kering baru kita bingkai dengan kemasan yang cantik untuk melindungi karya tersebut.

Contoh Karya


      Proses dalam menggambar     
                                  


  Hasil dari proses menggambar (drawing) 




  
Penggambaran objek realis dengan menggabungkan ide dari senimannya. Dengan maksut dan tujuan penciptaan karya. Karya disamping ini berjudul lindungi aku, dengan menggunakan kertas A4, media kertas dan pensil.



 
Karya diatas ini berjudul seakan mendekatiku, dengan konsep tentang global warming. Yang semakin tahun, bulan, minggu, hari, dan bahkan jam terasa panas. Adanya pengikisan lapisan ozon akibat ulah manusia yang kurang bertanggung jawab, tanpa memikirkan masa depan bumi, kehidupan alam raya ini. Orang dewasa, perempuan laki-laki, anak-anak dan hewan.

1 komentar: